Senin, 17 Januari 2011

Saya & Efek Rumah Kaca, sebuah kisah norak



Efek Rumah Kaca. Istilah yang seringkali saya dengar sejak SMA dimata pelajaran Biologi. Karena kuliah saya di jurusan Biologi pula, semakin seringlah saya mendengar istilah itu.

Kali ini saya bukan ingin cerita tentang Efek Rumah Kaca (ERK) sebagai istilah yang berhubungan dengan pemanasan global atau Biologi. Saya ingin cerita kalo saya sangat nge-fans sama grup band indie ini. Grup band?

.......

Belum pernah saya senorak kemarin. Norak senorak-noraknya. Waktu @america mengumumkan kalo ERK akan tampil di sana hari Jumat, 14 Januari 2010 diacara Music Environment bareng sama Glenn Fredly, saya langsung mengosongkan jadwal saya. Pokonya hari itu, saya harus nonton performance live mereka, gak boleh sampe kelewat.

Hari Jumat yang ditunggu, saya bingung mau pake baju apa. Pokonya gak boleh saltum! Walaupun akhirnya saya pake baju seadanya (seadanya tapi mikir semalem suntuk :D), at least saya pede. Dengan penuh sukacita, saya berangkat ke @America Pacific Place dan bertekad gak boleh telat. Alhamdulillah saya datang tepat waktu. Saya sempet nge-tweet beberapa kali, menyatakan kalo saya gak sabar pengen liat penampilan ERK secara langsung. Pasti keren banget, begitu ekspektasi saya.

Pas show akan dimulai, saya senyum senyum sendiri. Hey, this is my first time watch they performance, and i'm excited! Saya ngaku penggemar berat band indie ini tapi setiap mereka manggung saya selalu gak berkesempatan hadir. Saya baru bisa nonton aksi panggung mereka SEKARANG! Gak sabaaaaaarrrr.... 

Masuklah ketiga personil Efek Rumah Kaca ke atas panggung ketika dipanggil MC, yang satu lagi berhalangan hadir karena sakit. Uuuuuggghhh... Saya seneeeeeng bangeeeettt... Mereka gak banyak bicara, langsung aja mainin lagu dari album pertama dan kedua mereka sebanyak 8 lagu yang awalnya direncanakan 7 lagu. Lagu yang dinyanyikan adalah (sesuai urutan yang sebenarnya) :
  • Debu Debu Beterbangan
  • Insomnia
  • Jangan Bakar Buku
  • Hujan Jangan Marah
  • Banyak Asap Di Sana
  • Di Udara
  • Kenakalan Remaja di Era Informatika, daaaaaaannn...
  • Desember (my favorite song)
Hampir semua lagu ERK saya hafal, ya iyalah, kan ceritanya nge-fans! Pas mereka bawain lagu, saya ikut bersenandung. Sebelah saya, anak abege, ternyata lebih nge-fans sama ERK dibandingkan saya. Dia selalu nonton kemanapun ERK manggung. Wuihhh... Saya sebenernya gak berharap Desember bakal dinyanyiin, karena sampai lagu ketujuh masih belum ada tanda-tanda akan dinyanyikan. Ternyata oh ternyata, lagunya dijadiin bonus diakhir!!! YAYYY!!! Saya seneeeeeeeeeenggg!!! 









Sebuah akhir yang manis bagi saya hari itu. Semua orang malam itu nunggu Glenn Fredly, tapi saya, saya nunggu ERK. Sebelum tidur, saya nge-tweet, "rasa senengnya hari ini mengalahkan senengnya digombalin cowok". 

NORAK. BANGET. CUIH

Biarin, yang penting saya seneng! Itu udah cukup.

 ................



Prolog

Pernah gak kalian ngerasa sangat dekat dan attached dengan sebuah grup band hanya karena sebuah lagu?  Begitulah cerita saya dengan Efek Rumah Kaca (ERK).

Saya pertama kali tau ada band yang namanya ERK saat beli henpon. Iya, henpon. Waktu pas beli henpon, sekalian beli memory card yang udah berisi lagu. Nah, salah satu lagu yang ada di memory card tersebut adalah Cinta Melulu-nya ERK. Saat itu saya gak langsung nge-fans, saya hanya sekedar tau.

Suatu hari, seorang pria di belahan Bandung yang lain menelepon saya di malam hari. Pria 
itu sahabat saya.  Sumpah, jujur, sahabat, gak lebih. *grin*. Sempat ngobrol sebentar, tiba-tiba dia bilang dia ingin menyanyikan sebuah lagu untuk saya, pakai gitar akustik dan sengaja minjem handsfree dulu ama tantenya. Saya bengong. Teman saya itu nyanyi lagu judulnya "Desember" by ERK. Saya baru pertama kali denger lagu itu dan saya belum ngeh, itu lagu enak sebelah mananya ya? Tapi melodi lagu itu terngiang-ngiang terus di telinga saya.

Besoknya, di kantor, saya langsung buka search engine dan ketik Desember Efek Rumah Kaca. Voila! Langsung nemu link akun myspace-nya dan disitu juga ada video klip Desember. Setelah klik play, saya langsung jatuh cinta, jatuh cinta sama Efek Rumah Kaca dan Desember. Saya coba nyari link lagu lainnya dari album pertama dan kedua. Setelah didengarkan, saya suka semuanya!!! 

Ok, masih ada 10 paragraf lagi sebenernya. But, that's enough and it's a wrap.
*EVILGRIN*


Lihat event lain yang diselenggarakan oleh @america di sini



2 komentar:

Apisindica mengatakan...

belom pernah denger sekalipun lagi efek rumah kaca. Eh pernah dink waktu lo teriak-teriak di karokean. :)

Dewi Siti R mengatakan...

hahaha... gw waktu itu nyanyi Balerina. Niat banget sampe ngapalin chord gitarnya..

Live performancenya bagus banget!! Lu kayaknya gak bakalan dikasi suka, lagunya tentang lingkungan dan sedikit mengusung tema cinta.. :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...