Jumat, 27 Januari 2012

Hiking : Talaga Bodas, Garut

Sebelumnya, saya gak tau kalo di Garut ada yg namanya Talaga Bodas. Saya malah taunya Talaga Bodas itu salah satu nama jalan di Bandung, rupanya tempat bernama Talaga Bodas itu beneran ada! Hehe..

Talaga Bodas mirip sama Kawah Putih, Ciwidey, yaitu kawah yg memiliki air berwarna putih. Mencapai Talaga Bodas tidak mudah, karena jalannya berbatu dan sulit dilalui kendaraan. Jaraknya dari Wanaraja jika ditempuh dengan kendaraan bermotor mungkin sekitar 1-2 jam.

Setelah lama tertunda dan banyak ngobrol sama temen saya, akhirnya pergi ke Talaga Bodas pun terwujud. Minggu, 22 Januari 2012 kami berenam pergi kesana. Saya, Rita, Yuda, Dian dan Dicky janjian di terminal Cicaheum, Bandung, sementara Agung menunggu di terminal Guntur Garut.

Dari terminal Guntur, kami naik angkot jurusan Wanaraja dan turun di pasar. Kami melanjutkan perjalanan menggunakan ojek sampai titik desa tertinggi (namanya lupa) sebelum mencapai Talaga Bodas. Dari situ, kami harus berjalan kaki sekitar 2 jam lagi.

Ada gerbang Opalin sebelum kita memasuki kawasan Talaga Bodas ini. Disitu, kita harus bayar retribusi sebesar dua ribu rupiah. Oya, kalo kehabisan perbekalan, kita bisa beli di warung yg letaknya persis di gerbang Opalin ini.


Talaga Bodas
Talaga Bodas
Selain Talaga Bodasnya itu sendiri, disini juga ada pemandian air panas gratis dan kawah saat. Kawah saat ini gak ada airnya, dan masih aktif. Tanahnya gak padat dan asap berbau belerang masih keluar dari sela sela batu dan tanah di sekitar kawah.


Kawah Saat


Kawah Saat



Perjalanan hiking ditutup dengan pegel pegel kaki. Yaeyalah.. Hehe.. Ketika turun, kami mengambil jalur utama utk kendaraan yg berbatu. Jalurnya lumayan panjang dan membosankan. Namun, karena diiringi dengan celetukan dan candaan dari semua anggota rombongan, perjalanan pun terasa cukup menyenangkan. 

Next destination : Keliling Kawah Di Gunung Tangkuban Perahu. Anyone? :)

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...