Jumat, 09 Mei 2008

Bandung - Jakarta via Tol Cipularang

(source : detiknews.com)
Sebagai warga Bandung, asli Bandung, saya sangat bangga ma kota Bandung. jaman saya kerja di Jakarta dulu, saya sangat sering bolak balik Jakarta-Bandung. Tapi waktu itu, Tol Cipularang belum rampung dibuat, jadi klo dari Jakarta mu ke Bandung mesti lewat puncak. Semenjak Tol Cipularang diresmikan, Bandung-Jakarta dan sebaliknya bisa ditempuh hanya dengan waktu kurang lebih 2,5 jam saja (tergantung kecepatan kendaraannya). Dengan waktu tempuh yang demikian singkat, berjamurlah travel-travel jurusan Bandung-Jakarta dan sebaliknya. Bandung jadi kota yang sangat mudah dijangkau dengan adanya Tol Cipularang ini, mobilitas Bandung-Jakarta setiap hari menjadi sangat padat.

Kembali ke saya lagi yang sering bolak-balik Jakarta-Bandung. Saya pernah nyoba beberapa jenis angkutan dengan bermacam-macam jurusan untuk mencapai kota Bandung tercinta. Paling favorit sih tetep bis antar kota, karena murah, berAC, dan lumayan nyaman. Bis paling favorit sih yang punya pool di Cililitan. heuheu.. kalo travel sih gada yang favorit, yang penting poolnya sesuai dengan tempat yang akan dituju. Saya punya beberapa tips milih angkutan umum bagi temen-temen yang mau ke arah Bandung dan sekitarnya.

1. Travel,
Pastikan dulu ke Bandungnya mau ke daerah mana, trus tanya-tanya deh travelnya lewat daerah situ apa engga. Travel yang lumayan udah punya banyak jurusan sih Cipaganti, Xtrans, Baraya, transporter dan banyak lagi.. rajin rajin gaul ajah..

2. Bis antar kota.
Jurusan Bandung sih banyak, dari Pulogadung, Kalideres, Kp.Rambutan, Tj.Priuk ma Lebak Bulus, tanya aja lewat Cipularang pa kagak. Biasanya sih yang AC eksekutif lewat Cipularang semua, Kadang klo kita beruntung, kita bisa naek bis non AC, selain murah cepat pula. Ngirit banyak pan? Semua bis tujuan Bandung berakhir di terminal Leuwi Panjang, untuk yang mau ke daerah Bandung timur seperti Cibiru, Cileunyi, Panyileukan, Cinunuk dan sekitarnya lebih baik naik bis jurusan Garut, Tasik, Sumedang, turun di pintu keluar tol Cileunyi.

3. Kereta api.
Ga lewat Cipularang sih, punya jalur sendiri, bebas macet pula. Stasiun kereta api Bandung deket ma pusat kota, akses angkutan umum di daerah stasiun pun hampir 24 jam karena daerah rame. Dari Gambir or Jatinegara Jakarta bisa sampe Bandung hanya dengan 20rb ajah!! Rajin rajin aja cek jadwal kereta..

So so so.. jangan ragu untuk mengunjungi kota Bandung lewat tol Cipularang.. Di sepanjang jalan tol banyak ko tempat istirahat + pom bensin. Kalo cape ya istirohat aja dulu.

Tol Cipularang itu menembus gunung, jalannya naik turun, kadang berkabut dengan pemandangan yang lumayan indah. Kondisi kendaraan yang kita pake harus bener bener fit, males kan klo tiba tiba di tengah jalan mogok?! Tapi jangan takut, klo pun mogok ada derek nya koq (tapi entah berapa jam sekali munculnya :P). Anyway.. welcome to Bandung!!!!!!

3 komentar:

AKP mengatakan...

wah... informasinya sangat membantu banget :D
hari rabu besok mau pergi ke bandung... mo ketemu temen :p
jadi di pulo gadung ada yah bis nya :D
kata temen gak ada dah hampir hopeless :p
makasih ya mbak informasinya hehehe

yosef tejasukmana mengatakan...

teh, ayo kta bangun bandung walau saat ini kontribusi kita cuma di dunia maya

Dewi Siti R mengatakan...

Yosef : hayuuuukkk...

AKP : sama sama..

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...