Selasa, 11 November 2008

kapal laut

Gue pernah beberapa kali naek kapal laut, termasuk ferry penyebrangan. ini nih ceritanya.

1. Merak-Bakauheni dan sebaliknya. lama perjalanan kurang lebih 3 jam. Pake ferry, bikin mual dan mabok laut klo kita turun dari bis. Berbekal pengalaman itu, gue lebih suka diem di bis aja pas penyebrangan. Di bis bisa tidur nyenyak karena ACnya dipasang, dan nyaman banget (gue pake bis executive recleaning seat 2-2).

2. Surabaya-Banjarmasin dan sebaliknya. Lama perjalanan sekitar 24 jam. pake kapal ro ro, mual dan mabok laut juga. yang paling top maboknya sih waktu pas dari Banjarmasin menuju Surabaya, satu keresek gede! Hiii..jorok! Tapi emang bener, banyak banget yang keluar dari perut! Padahal gue pake kelas VIP yang kamarnya berAC dan ada tvnya, tapi teuteup ga ngaruh. Kamar vip juga makanannya enak, dapet welcome drink segala, tapi dasar nasib mesti gue keluarin semua tuh satu keresek. Rute Surabaya-Banjarmasin sih alhamdulillah ga mabok, itu pun karena gue minum antimo banyak banyak..heuheu..

3. Watampone-Kendari dan sebaliknya (eh bener ga sih jurusannya itu?). Lama perjalanan sekitar 5 jam. pake kapal ro ro, gue minum antimo dan tidur pules, jadinya ga mabok. Tidurnya pun di bangku panjang di ruangan berAC, karena gada kamarnya. Tidur dibangku panjang pun kena bayaran 12rb perak. Klo kita mu tidur dikasur diruangan yang sama, kita mesti nyewa ama preman kapalnya. Kalo ga salah sih dulu 10rb, entah sekarang berapa, jadi total yang mesti dikeluarin 22rb.

4. Makassar-Surabaya. Lama perjalanan sekitar 24 jam. Nah klo yang ini pake kapal laut Pelni yang gede, jadi ga berasa mual or mabok. Karena gue ambil kelas 3 wisata, jadinya kita tidur satu ruangan banyakan tapi tempat tidurnya sendiri-sendiri. Bawah tempat tidur ada laci yang pake kunci buat naro barang barang. Kalo udah jam makan, kita ngantri satu satu. Nasi ma lauknya udah dijatah, jadi gada yang bisa ambil lebih. Kamar mandinya lumayan jorok, heuheu.. Ngantri banget klo pagi dan sore hari. Bisa mandi juga udah beruntung banget. Musholanya ada deket buritan kapal, diluar. Jadi klo beres sholat kita bisa nongkrong-nongkrong disisi kapal sambil liat pemandangan indah dan lumba lumba yang ngejar ngejar kapal.

Duh, jadi kangen naek kapal lagi. Pengennya sih bisa sampe Papua, pulau terbesar se-Indonesia yang selalu gue impikan untuk bisa menginjakkan kaki di sana. Mudah-mudahan ada waktu dan kesempatan lagi buat bisa jalan-jalan mengunjungi kota-kota di Indonesia lainnya. Amin.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...