Minggu, 16 November 2008

miss every moment!

Satu hal yang selalu bikin gue untuk lebih bergairah dalam menjalani hidup adalah bertemu orang baru dan melakukan travelling yang berbau adventure. Hal ini sangat terakomodir ditempat kerja gue yang sebelumnya. i really miss every moment!!

Di tempat kerja sebelumnya gue ga terlalu menikmati kerjaannya tapi sangat menikmati jalan-jalannya. Setiap bulan setiap orang dapet jatah buat keluar kota, dan daerah tujuannya giliran, Sumatera, IndTim (Indonesia Timur), Jabar dan Jateng. Rata-rata setiap perjalanan ke daerah menghabiskan waktu 10-14 hari. Gue jabarin satu persatu ya?! (Update per Juni 2007)

1.Sumatera. Selalu pake 2 tim dengan dua rute perjalanan yang berbeda. Dimulai dari Sumatera Utara dengan base di Medan sampe Sumatera Selatan dengan base di Palembang (dulu Lampung termasuk, tapi sekarang udah engga lagi) atau sebaliknya. Biasanya kalo mulai dari Palembang dulu, kami naek bus executive dari Jakarta (seringnya pake Pahala Kencana atau Lorena). Stay di Palembang biasanya 3 hari karena mesti ke Lahat dan Prabumulih juga. Rute 1 akan melanjutkan perjalanannya ke Bengkulu, Lubuk Linggau, Padang, Payakumbuh dan Medan. Rute 2 lanjut ke Jambi, Muaro Bungo, Pekanbaru, Bengkalis, Pangkalan Kerinci, Duri, Dumai dan Medan. Di Medan sebagai kota singgah terakhir, kami juga mengunjungi Pematang Siantar, Lubuk Pakam, BInjai dan Tanjung Balai Asahan (TB. Asahan sudah tidak dikunjungi lagi sejak pertengahan 2006). Kota yang paling gue bikin betah di Sumatera adalah Palembang, Padang dan Medan, karena gampang nyari makanan, hiburan dan punya banyak tempat seru untuk dikunjungin.

2.Indonesia Timur. Hanya pake 1 tim. Daerah yang dikunjungi, Surabaya, Gresik, Malang, Lumajang, Jember,Banjarmasin, Batulicin, Palangka Raya (sudah closed sejak 2006), Banjar Baru, Makassar, Kendari, Ternate, Manado, dan Sorong. Rute ini paling favorit buat gue, karena kental ‘rasa’ adventurenya karena rute ini paling susah cari tiket pesawat (karena mahal dan budget level staf kayak kami terbatas), paling banyak ngabisin waktu di jalan (kalo pake kapal laut), paling susah cari makanan yang cocok dilidah, paling susah nyari penginapan dan paling miskin pas pulang lagi ke Jakarta. Gue sih belum pernah ke Ternate, Sorong ma Manado, tapi temen-temen yang lain udah (kasian deh gue..). Kota yang punya the most unforgotable moment adalah Makassar, karena orangnya yang ramah dan sampe sekarang mereka masih inget sama gue, hiks..

3.Jawa Barat. Bandung adalah kota basenya. Dari Bandung kami ke Garut, Ciamis, Pamanukan, Indramayu, Kuningan, Karawang, Purwakarta dan Cianjur (3 kota terakhir biasanya diambil PP dari Jakarta). Meskipun gue orang Bandung, biasanya gue paling ga nikmatin jalan ke Jabar. Karena waktunya singkat dan luar biasa capek dijalan tapi ‘rasa’ adventurenya sangat ga dapet banget :P.

4.Jawa Tengah. Rute yang pernah gue jalanin adalah : Semarang, Kudus, Solo, Madiun, Yogyakarta, Purwokerto, Cilacap, Pekalongan dan Tegal. Kalo rute ini mah so so lah. Tinggal nikmatin ajah.

Meskipun Indtim adalah rute favorit gue dengan segala ‘rasa’nya, tapi yang paling bikin kaya pengalaman adalah perjalanan ke Sumatera. Dari kota ke kota, orang-orang yang ditemui seperti punya satu akar budaya melayu tapi ternyata punya output yang berbeda. Baik dari bahasa sehari-hari, kebiasaan sampai perilaku khas dari masing-masing daerah. Seru banget ngamatinnya! Bener-bener memperkaya wawasan!

Perjalanan antar kota di Sumatera pun bikin gue selalu bersemangat untuk menghadapinya. Gue pernah pake kereta ekonomi yang luar biasa hareudang dan bikin pegel pantat (Palembang-Lubuk Linggau, 8 jam bo!); angkot yang ngetemnya lama, banyak copet, panas, tapi tempat duduknya ngadep ke depan bukan kesamping; travel yang ACnya luar biasa dingin, musik dangdut yang super duper keras yang bikin ga bisa tidur dan tempat duduk yang sempit; bis AC seat 2-2 yang kursinya ga recleaning seat dan di pinggir tempat duduk gue ada cowok yang muntah tiap 4 jam sekali (yalks..!); sampe bis super executive yang seatnya 2-1, recleaning, toilet di dalem dan dapet snack sebelum berangkat.

uuugh..gue kangen jalan jalan lagi, explore tempat baru lagi, wisata kuliner lagi, berpetualang lagi, ketemu orang baru lagi, mendapatkan pengalaman yang kaya lagi, memacu adrenalin lagi, naek pesawat lagi, naik bis lagi, naek travel lagi, naek kapal laut lagi, naek beca motor lagi, kenalan ma cowok ganteng lagi, berburu oleh-oleh lagi, ngabisin duit lagi, ke pantai lagi, ngekos lagi, naik busway lagi, naik bus mayasari lagi, naik metromini lagi, naek kopaja lagi, naek primajasa lagi, ngejar ngejar bis di UKI lagi, ngelakuin perjalanan dari Karawang ke Bekasi naik bis 3/4 dan ngerasain panas nya sinar matahari yang menyengat lagi, bawa-bawa travel bag lagi.. pokonya segala hal yang bikin hidup gue bisa berbeda setiap hari, suasana yang gue jalanin berbeda setiap hari, orang yang gue temuin berbeda setiap hari, perasaan dan pengalaman yang gue dapet berbeda setiap hari, yang ga bisa gue dapet di tempat kerja sekarang. please help me! give me back my every moment!

*gue nulis ini ketika gue lagi bener bener ngerasa stress karena kerjaan, gue ngerasa i'm not in to it. gue juga bingung harus gimana..hiks..

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...