Minggu, 07 Desember 2008

ketidakbiasaan

Sepertinya gue dilahirkan untuk suka sama hal yang tidak biasa yaitu menghafal dan mengingat detail setiap tempat. Gue menyadarinya udah sejak lama, tapi gue cuekin aja. Sekarang ini, gue berniat pengen membantu orang lain dengan kelebihan gue ini.

Sejak kuliah dulu, temen-temen banyak tanya tentang satu tempat yang mereka ga tahu sekaligus dengan rute angkot yang ngelewatin tempat tersebut. Gue jawab dengan selengkap-lengkapnya ampe gue dapet julukan preman terminal (saking hafalnya jalur angkot). Temen gue yang sama-sama orang Bandung aja kadang ga hafal kebanyakan jalur angkot. Gue boleh berbangga hati dengan hal itu. Hehe.. walaupun ada beberapa tempat dan jalur angkot juga yang ga gue hafal.

Lulus kuliah gue hijrah ke Jakarta, kota metropolitan yang luar biasa sibuk dan punya beratus-ratus jurusan kendaraan umum. Pertama kali ke Jakarta April 2005, gue pake kereta api (jaman belum diresmikannya tol Cipularang dan travel-travel Bandung-Jakarta dan sebaliknya belum menjamur seperti sekarang). kantor gue adanya di kawasan Thamrin, dan dari Gambir deket aja, tinggal naik bajaj. Kerjaan gue sebagai IQA (internal quality assurance), mengharuskan gue untuk menghafal banyak rute ke tempat yang nantinya akan gue tuju. Selama 2 tahun di Jakarta alhamdulillah gue mengingat banyak. Gue juga seneng untuk menjajal metromini/kopaja/bus patas yang jurusannya ga gue hafal sebelumnya hanya untuk memuaskan rasa penasaran gue. Sebagai IQA gue juga sering ditugaskan keluar kota (seperti yang pernah ada ditulisan gue sebelumnya). Mau ga mau kesukaan gue ini jadi kerjaan gue juga. Setiap detail tempat gue hafalin. Landmark dari setiap kota yang gue kunjungin gue hafalin. Sampe hal-hal remeh dan ga penting pun gue hafalin supaya ketika gue kesana lagi dan sendirian gue ga nyasar.

Pas pindah kerja ke Bandung ternyata hobi gue sedikit membantu di tempat kerja baru. Di kantor baru mobilitas Bandung-Jakarta frekuensinya sangat sering. Selain itu, sang supir kantor belum hafal jalanan ke dan di Jakarta, begitu pun di Bandung. Jadinya sering banget minta bantuan gue. Kadang gue disuruh ikut ke Jakarta hanya untuk nemenin sang supir karena takut nyasar. Hihi.. seru juga rangkap profesi jadi guide.

Well, jangan takut punya kesukaan atau ketidakbiasaan aneh seperti gue. Biarin diledekin juga. Percayalah suatu saat hal itu akan berguna. Selain itu, lo juga akan terlihat punya satu nilai tambah karena ketidakbiasaan lo itu. Seperti gue, biarpun gue nyebelin tapi gue dirindukan.. hahahaha… ga nyambung! buat temen-temen yang butuh info jalur angkot atau cara menuju satu tempat di kota Bandung, silakan kontak aja. InsyaAllah gue bantu..

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...