Senin, 22 Desember 2008

transconic 2009 : behind the scene

Berawal dari ide Bu Irna yang ingin membuat trend busana muslim 2009 versi up2date dan langsung direspon positif oleh Bu Tia dan Bu Isni, terwujudlah Transconic 2009 by up2date 17 Desember 2008 di Four Seasons Hotel, Jakarta. Bu Irna lalu membuat kolase, story board dan definisi dari transconic itu sendiri. Transconic terdiri atas 4 sub tema yaitu iconic, urban style, nature spirit dan transmutation. Warna warnanya pun telah dikelompokan untuk masing masing sub tema oleh beliau. Perjuangan baru dimulai, kawan!

Cerita pun berlanjut ke penunjukkan 4 desainer untuk menjadi penanggung jawab dari masing masing tema. Tidak sulit, karena karakter dari Rani, Rini, Lia dan Fetik memang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Pencarian bahan untuk setiap sub tema pun dimulai. Dari ujung Cigondewah sampai Mayestik dan Mangga Dua Jakarta dijelajahi demi mendapatkan bahan yang sesuai. Karena pemotretan untuk keperluan iklan harus didahulukan, maka focus utama lebih ke mencari 'nyawa' dari setiap sub tema dan diwujudkan dalam satu baju per temanya.

Bahan telah didapat, kini tiba saatnya masuk pola dan jahit. Diskusi tidak henti hentinya dilakukan. Para operator jahit sampai harus lembur terus menerus demi memenuhi target waktu yang telah ditetapkan. Bayangkan, alokasi waktu untuk pola + jahit efektif hanya 1 bulan saja! Fisik dan mental kadang drop di tengah jalan, untuk membangkitkannya lagi harus dengan sedikit skill. Sekali waktu gue kasih mereka multivitamin kaplet, minggu depannya vitamin C dosis tinggi dan diminggu berikutnya mereka dapat jatah buah apel. Alhamdulillah, tidak ada yang sampai tumbang.

Sambil proses jahit terus berlanjut, presentasi kepada manajemen pun diadakan untuk melihat sampai sejauh mana persiapan dari hal baju. Satu bulan menjelang show, baju yang selesai jahit baru 40%nya saja! Huh, betapa kerasnya detak jantung ini berdebar. Ngeri. Pada saat itu pula, Bu Irna harus menunaikan ibadah haji dan mau tak mau mempercayakan baju-baju show kepada kami (para desainer dan gue). Dukungan dari Bu Isni dan Bu Tia selama Bu Irna tidak berada di Bandung sangat membantu kami semua.

Satu minggu menjelang show, semua baju telah selesai jahit. Ouw, tapi banyak juga yang belum mencapai proses finishing! Celana panjang belum memakai kancing, kancing sudah terpasang tapi belum dilubangi, aplikasi-aplikasi belum selesai dan masih banyak hal lain ternyata. Desainer juga harus menyertakan gaya kerudung mereka masing – masing dan kemudian didokumentasikan. Semua orang sibuk, dan gue heran, kenapa banyak hal baru terpikir disaat-saat akhir menjelang ya?

Satu minggu menjelang show adalah hal tersibuk daripada sebelumnya. Puncak dari segala emosi yang terpendam sehingga melahirkan gesekan, miskomunikasi dan intoleransi antar personil satu sama lain. Beruntunglah hal tersebut dapat diredam. Karena kami tau, hanya perlu satu orang untuk membuat satu ide atau gagasan, tapi butuh banyak orang untuk mewujudkan ide dan gagasan tersebut.

Day D-2, atribut dan perlengkapan seperti kerudung banyak yang belum beres. Mau tak mau, semua penjahit dikerahkan untuk menyelesaikan elemen terpenting dari keseluruhan penampilan di atas panggung nanti. Cek dan ricek pun dilakukan, demi ketiadaan hal yang mungkin akan terlewat. Hari ini adalah hari terpanjang, rasanya satu hari tidak cukup hanya 24 jam.

Day D-1, teman-teman sudah pergi ke Jakarta terlebih dahulu untuk menghadiri acara agent gathering dan juga sekaligus trunk show (show internal yang diperuntukan kepada agen dalam menentukan jumlah pcs baju yang ingin dipesannya). Gue, ditinggal di Bandung untuk sekali lagi mengecek semua hal yang diperlukan pada saat show agar tidak ada yang terlewat. Hari itu, gue berangkat menggunakan truk yang berisi semua barang keperluan show barengan sama Bang Yos sang fotografer. Alhamdulillah, kami sampai ke Jakarta dengan selamat. Malamnya, kamipun mulai (lagi) untuk mengecek perlengkapan dan asesoris. Ternyata tetap saja ada yang kurang, kaos kaki! Hehe.. duh, klo cuma kaos kaki mah bisa dibeli di Jakarta ( ngegampangin mode ON). Setelah jam 9 malam, kami pun larut dengan pikiran masing-masing, akan seperti apa show besok ya?

The D day. Sibuk, sibuk dan sibuk. Dari pagi buta. Dari mulai angkut barang sampai penataan barang di backstage semua orang ikut terlibat. Ribet, riweuh, lieur, pabaliut, paciweuh pokonya semua bahasa Sunda yang menggambarkan betapa heboh dan crowdednya di backstage menjadi kata yang paling tepat. Sampai pada akhirnya beberapa menit menjelang acara dimulai, semuanya tegang. Ketika diumumkan oleh MC “inilah Transconic 2009 by Up2date”, waktu tiba tiba seakan lambat bergulir, tapi setelah itu malah semakin cepat, semakin cepat dan semakin cepat seiring dengan degup jantung kami semua. Waktu 30 menit tidak terasa lama, ternyata show telah berakhir, ditandai dengan majunya Rani, Lia, Rini dan Fetik keatas panggung. Hhhhhhhh… legaaa… bangga… haru biru… sedih… senang… bahagia… lemes… cape… semua nyampur jadi satu dalam satu tangisan. Alhamdulillah Kau memberi kelancaran Ya Rabb!!!

Backstage after show. Baru terasa banyaknya kekurangan yang kami lakukan pada saat show. Lebih dari satu kasus! Ada yang lupa dikancing, lupa pake dasi, belt pindah jadi syal, celana yang ngatung alias kependekan, kalung pindah jadi bandana, sampe adanya kasus satu baju dipakai dalam 2 sequence karena keteledoran crew! Huhuy! Tapi overall, untuk ukuran pertama kali menyelenggarakan show tunggal 80 baju, rasanya kami sudah bisa dibilang lumayan :D . Evaluasi diri dan tetap tawadhu harus senantiasa tertanam dalam diri kami. Jangan cepat terlena oleh kepuasan sesaat.

Day D+1. Di kantor iseng – iseng buka search engine dan ngetik kata transconic 2009, dan hei, sudah ada liputannya! Duh, bangganya! Bu Tia bilang, semoga hal ini menjadi berkah bagi kita semua. Amin! Show Transconic kemarin menurut gue adalah langkah awal bagi perusahaan untuk menancapkan kukunya di dunia fashion tanah air dan internasional. Semoga Up2date semakin maju. Amin!

*ditulis dengan perasaan bangga dan mengharu biru setelah melihat banyaknya liputan dari dalam dan luar negeri, dan setelah mendapatkan email dari manajemen yang menyatakan rasa terima kasih. Hiks hiks hiks… Terima kasih juga atas kerjasama temen – temen semua, tim Bandung dan tim Jakarta, sukses selalu!

2 komentar:

Dhini Puspitasari mengatakan...

mba pas aku baca the D-day....pas..MC bilang inilah transconic 2009 bla bla...aku ikut merinding, dan kayanya ngerasain apa yang kalian rasain.....

hihihihi.....merinding....aku ga liat shownya, but aku liat gambar2 show dari detik...

what a gorgeous collection,,,itu koleksi show kemaren udah ada belum di butik up2date cirebon?

trims ya mba kalo dijawab

aku trekbek sama pasang link blogmu ya mba......

sukses buat semuanya

dewi mengatakan...

Halo mba Dhini..

thanks buat apresiasinya :)
kerja keras kami ternyata membuahkan hasil yang manis, meskipun masih banyak kekurangan disana sini..

koleksi baju show transconic 2009 hanya dijual di up2date maison, jl. cisangkuy no. 56 Bandung. telp 022720700. untuk versi regulernya (penyederhanaan dari versi show) udah keluar sejak bulan desember 2008 disemua agen up2date termasuk cirebon..

tahun ini juga kami akan mengadakan trend show 2010, be there yaa!! sekali lagi makasih atas apresiasinya..

cheers!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...