Senin, 21 Juli 2008

trip to pangandaran (episode 3)

green canyon.. denger nama itu gue langsung excited. betapa tidak, orang-orang di milis banyak yang rekomendasiin tempat itu. pemandangan yang indah dipadu air yang jernih + segar. gimana ga ngiler tuh? dari semalem (bahkan dari bandung!!!) gue udah kebayang-bayang bakal nemuain apa di green canyon. apa seindah yang dibayangkan? atau bahkan mengecewakan?

dari perempatan Oyon arah Nusawiru, Cijulang, kita dikasi tau untuk belok kiri. green canyon ada di sebelah kiri jalan. semangat!! diatas motor gue ngobrol ma rini tentang orang orang yang kita temuin ditambak tadi. lagi asyik ngobrol, gue ngeliat kira-kira 100 meter di depan ada pokis lagi ngadain razia. alhamdulillah kita pake helm, dan gue emang udah punya SIM. tapi gue lupa klo tadi pa ujang yang punya motor ga ngasi STNKnya!! aduuuh.. paniiiik.. gue komat kamit aja berdoa mudah mudahan ga ditilang. sepuluh meter..tujuh meter..lima meter..tiga meter..satu meter..pfuiiiiih.. polisinya ga peduliin kita!! alhamdulillah!!! langsung tancep gas, dan ternyata 50 meter setelah tempat razia polisi tadi adalah pintu masuk green canyon.

masuk ke area pintu masuk ternyata lumayan banyak orang. gue liat ada satu bis pariwisata parkir di seberang pintu masuk. melihat lingkungan yang aman, gue ga ragu untuk parkir motor disana. beres markirin motor, kita langsung menuju loket. disana tertulis harga tiket sebesar 70rb. tiket itu adalah biaya sewa perahu selama 45 menit dan pajak lainnya. untuk mencapai green canyon kita harus naek perahu yang kapasitasnya maksimal 5 orang. gue tanya ke petugasnya, klo pengen lebih dari 45 menit gue harus bayar berapa? ternyata kata petugasnya pinter pinternya gue nego ama yang punya perahu aja. gue ma rini langsung sepakat untuk nyewa perahu berdua aja, ga bareng ma rombongan yang pake bis tadi. setelah bayar tiket masuk dan dapet karcis, kita langsung meluncur ketempat perahunya pada parkir. tiket dikasiin ma bapa bapa berbaju merah, trus kita digiring ke perahu yang bakalan kita naikin. gue girang banget, karena ternyata yang punya perahunya berondong cakep (lumayan lah, yang lain mah rumeuk soalna, hehe).

begitu naek perahu perasaan excited gue sedikit berkurang, karena ngeliat pemandangan yang ga terlalu indah menurut gue. tapi bahagia mah teuteup.. perahunya kecil,digerakan pake motor, ada sekitar 4 bangku tempat duduk, 2 dayung dan 5 life jacket. setelah jarak 20 meter disebelah kanan ada anak-anak kecil cuman pake kolor doang pada terjun dari pinggir sungai, berharap yang naek perahu ngelemparin uang koin, tapi gue ma rini cuek ajah.. rini sibuk ngerekam pemandangan sekitar pake digicamnya, gue seperti biasa, narsis foto-foto sendiri. kadang minta fotoin ma abang perahunya juga. abang yang dibelakang nyoba ngajakin ngobrol, nanya nanya dari mana, berapa orang, berapa hari disini, udah pernah kesini sebelumnya dan pertanyaan sok akrab lainnya. gue ma rini nanggepin dia dengan ramah, berharap kita bisa bayar murah untuk perpanjangan waktu selama di green canyon nanti.

aih aih.. gue baru nyadar! ternyata air sungai yang kita lewatin itu warnanya ijo, tapi bening, ga keruh. abangnya bilang ini karena musim kemarau, klo musim hujan airnya ngga sebening sekarang. airnya sama seperti yang gue liat disungai waktu mu nyebrang ke tambak tadi pagi. gue juga baru ngeh klo ternyata kita naek perahu itu ngelawan arus. gue pikir green canyon itu ke arah muara berair payau (sempet kepikiran, renang di air payau gimana rasanya ya?), ternyata kita bergerak menuju hulu sungai. wah, rasa excited gue yang berkurang tadi ternyata semakin memuncak!! gue sempet tanya ama abangnya yang duduk didepan (eh, gue udah bilang belon klo namanya sandy?), binatang apa yang bisa diketemuin di sepanjang sungai ini? ada buaya ga? katanya buaya siy gada, palingan biawak doang, itu pun ukuran kecil. hhhh.. lega rasanya.. trus dia bilang klo disini banyak ikan, klo malem orang suka pada mancing di sungai ini pake perahu. lagi asik ngobrol, tiba-tiba Sandy teriak,"teh, ada ubur ubur!!" what?! gue ketawa, mana ada ubur ubur di air payau? trus dia nunjuk ke dalem sungai sesuatu yang warnanya putih lagi gerak ngikutin arus air ke arah muara. ternyata itu emang ubur ubur!! and you know what? dalam jumlah besar!! banyaaak banget!! seekornya seukuran mangkok baso kayaknya.. wuiiih.. jiwa biologi gue langsung jalan lagi setelah sekian lama terkubur dalam rutinitas pekerjaan. Subhanallah!!

belum puas nikmatin ubur ubur gue udah disuguhi pemandangan indah lagi disepanjang sisi sungai. kayaknya kita udah mu sampe ke tempat yang dituju. disisi kiri dan kanan sungai ternyata berdinding batu, warnanya hitam. wow, seru banget! semakin ke hulu semakin tebel dinding batunya. aduuuh.. jadi semakin ga sabar!! sekitar 10 meter di depan kedengeran suara orang ngobrol dan terlihat ada sekitar 2 perahu yang parkir, rupanya udah deket ketempat pemberhentian. dan... jreng..jreng.. di depan mata, terpampanglah pemandangan indah green canyon yang diributin orang dimilis itu..

to be continued...

2 komentar:

جعفر..Jafar mengatakan...

eh belum di terusin artikel nya ? kecapean ya ?...& terimakasih telah mempromosikan daerah asli pribados Ciamis pakidulah...hatur nuhun pisan.

Ceuceu mengatakan...

udah tamat paaa :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...